Rabu, 22 Juni 2016

Makalah Perbedaan Perencanaan KBK dan Perencanaan sebelumnya

TUGAS MAKALAH
Perbedaan perencanaan pembelajaran KBK dengan perencanaan pembelajaran  pada kurikulum sebelumnya

LOGO STAI YASNI MB.jpg


DOSEN PENGAMPU:
Akmal Arif S.Pd.M.Pd

DI SUSUN OLEH KELOMPOK 4:
ASNAWI
YULI NOFRIANI
DENI ROZI
ROSIDAH

(SEMESTER 5 PAI B)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
YAYASAN NURUL ISLAM
MUARA BUNGO

 2015

KATA   PENGANTAR

Segala puji kami hantarkan kehadirat Pencipta dan Pemilik alam semesta Allah SWT. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada manusia paling sempurna Nabi Muhammad SAW para sahabat dan seluruh umatnya.
Berkat pertolongan Allah SWT kami mampu menyelesaikan penyusunan makalah tentang mekanisme pelaksanaan administrasi siswa yang kami susun untuk memenuhi tugas pada Mata Kuliah administrasi dan supervise pendidikan. Kami harapkan makalah ini bisa membantu teman – teman untuk mengenal dan dapat untuk mendalaminya lebih jauh.
Kami penyusun makalah ini menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat kekurangan di sana, Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan demi perbaikan penyusunan makalah yang akan datang.





Penyusun,3 mei 2015








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang............................................................................................ iii
1.2 Rumusan Masalah....................................................................................... iii
1.3 Tujuan Penulisan......................................................................................... iii
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Administrasi Kesiswaan............................................................ 1
2.2 Tujuan Administrasi Siswa......................................................................... 2
2.3 Administrasi Siswa meliputi hal-hal............................................................ 3
2.4 Pembinaan Siswa........................................................................................ 3
2.5 Pelayanan Khusus Siswa............................................................................. 3
2.6 cara menyimpan data tentang siswa............................................................ 4
2.7 Aktivitas Siswa........................................................................................... 4
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.................................................................................................
3.2 Saran...........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Administrasi Sekolah, sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi Kepala Sekolah dan Guru. Peningkatana kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar. Dengan demikian diharapkan program peningkatan mutu dan perluasan pendidikan dasar dalam mewujudkan dan memantapkan pelaksanaan wajib belajar dapat terwujud.
Sekolah adalah salah satu jenis lembaga pendidikan yang ada diantara bermacam- macam jenis lembaga pendidikan dalam masyarakat. Sebagai salah satu jenis lembaga pendidikan, maka Sekolah merupakan wadah pelaksanaan tugas-tugas yang berhubungan dengan teknis edukatif, dan tugas-tugas dalam bidang administrative kearah pencapaian tujuan pendidikan.
Tujuan akhir pendidikan siswa di sekolah adalah dimilikinya pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif yang diperoleh melalui penerapan kegiatan-kegiatan kurikulum yang berlaku. Dengan kata lain melalui kurikulum, murid dapat memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap positif. Usaha-usaha kegiatan kurikulum yang diselenggarakan kearah pencapaian tujuan pendidikan seperti disebutkan di atas dapat berjalan lancar dan baik, bilamana ditunjang oleh syestem administrasi yang baik. Dengan demikian melalui administrasi yang baik sebagai alat usaha pendidikan dan pengajaran sekolah dapat berjalan lancer dan baik, kearah pencapaian tujuan pendidikan.

1.2 Rumusan Masalah
1.      Apakah  administrasi siswa itu?
2.      Bagaimanakah kegiatan-kegiatan dalam administrasi siswa?
3.      Bagaimanakah mekanisme pelaksanaan dalam administrasi siswa?

1.3     Tujuan Penulisan
Agar pembaca mampu memaahami tentang mekanisme pelaksanaan asministrasi siswa dan mampu menambah wawasan pembaca.

2.1  Pengertian Administrasi Kesiswaan
Administrasi kesiswaan merupakan usaha dan kegiatan yang meliputi pengaturan tentang administrasi yang berkaitan dengan siswa dalam upaya mengembangkan potensi siswa. Pembinaan administrasi terutama menangkut pembinaan, pengelolaan organisasi dan kegiatan.
Adapun kegiatan yang tujuannya untuk pengembangan, pengetahuan, dan kemampuan penalaran, pengembangan keterampilan dan pengembangan sikap selaras dengan tujuan sekolah yang tertuang dalam kurikulum. Contoh kegiatan yang dilakukan siswa melalui osis. Pengelolaan data kesiswaan merupakan salah satu garapan administrasi murid yang tidak dapat ditinggalkan. Ada 3 macam data yang perlu di kelola yaitu data tentang identitas murid, tentang hasil belajar murid, dan tentang kehadiran murid. [1]
Osis merupakan organisasi murid yang resmi diakui dan diselenggarakan di sekolah dengan tujuan untuk melatih kepemimpinan murid serta memberikan wahana bagi murid untuk melakukan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang sesuai, oleh karena itu supaya kegiatajk;menyangkut pembinaan pengelolaan organisasinya dan kegiatannya, apapun kegiatan yang dikembangkan hendaknya selalu dalam rangkaiannya dengan tujuannya, yaitu pengembangan pengetahuan dan kemampuan penalaran, pengembangan keterampilan dan pengembangan sikap, selaras dengan tujuan sekolah yang tertuang dalam kurikulum.[2]
Contoh kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan disekolah melalui osis adalah sebagai berikut:
a)         Kegiatan pengembangan pengetahuan dan kemampuaan penalaran
1)      Diskusi, temu karya, seminar, dan lain-lain
2)      Penelitian
3)      Karya wisata
4)      Penulisan karangan untuk berbagai media
5)      Percobaan-percobaan akademis diluar sekolah

b)         Kegiatan pengembangan keterampilan berdasar hobi
1)      Latihan kepemimpinan
2)      Palang merah remaja
3)      Usaha kesehatan sekolah(UKS)
4)      Pramuka
5)      Lintas alam
6)      Olahraga
7)      Kesenian
8)      Pengaturan lalu lintas
9)      Pengumuman benda-benda bekas

c)         Kegiatan-kegitan pengembangan sikap
1)      Pengumpulan dana social
2)      Pengertian hari-hari besar nasional, keagamaan
3)      Membantu masyarakat yang kena musibah.
Pengelolaan data kesiswaan merupakan salah satu garapan administrasi murid yang tidak dapat ditinggalkan. Pada intinya ada 3 macam data yang perlu dikelola, yaitu: data tentang identitas murid, tentang hasil belajar murid, dan tenteng kehadiran murid.[3]

2.2 Tujuan administrasi kesiswaan
·      untuk  mengetahui data siswa
·       mengetahui potensi siswa
·      mengetahui, membina dan mengembangkan kemampuan siswa
2.3 Administrasi kesiswaan meliputi hal-hal berikut ini :
a)      Penerimaan Siswa Baru
b)      Mutasi Siswa
c)      Penatalaksanaan Kesiswaan. Penatalaksanaan Kesiswaan meliputi hal-hal berikut ini:
·         Buku Induk(kumpulan daftar nama siswa sepanjang masa dari sekolah tersebut. Murid baru perlu dicatat dalam buku besaruntuk pembukuan)[4]
·         Buku Klaper(buku pelengkap buku induk yang di tuliskan menurut abjad dan berfungsi untuk membantu petugas dalam mencari data di dalam buku induk)[5]
·         Buku Hadir Siswa
·         Buku Agenda Kelas
·         Buku Nilai, Buku Nilai Mata Pelajaran, Buku Nilai Pribadi Siswa
d)     Daftar Keadaan Siswa
e)       Laporan Kenaikan Kelas / Kelulusan
f)       Daftar Calon Peserta Ujian Akhir

2.4  Pembinaan Kesiswaan
Kegiatannya meliputi penyaluran aktivitas siswa dalam hal :
Ø  Kepemimpinan
Ø  keagamaan ( pesantren kilat bagi agama Islam)
Ø  budi pekerti
Ø  berbangsa dan bernegara
Ø  kewirausahaan
Ø  kesegaran jasmani
Ø  pengembangan kreasi dan seni
Ø  kepramukaan
2.5 Pelayanan Khusus Siswa
Pelayanan khusus terdiri atas :
1)      bimbingan dan konseling
2)      perpustakaan dan sumber belajar lainnya
3)      beasiswa
4)      transportasi
5)      kantin / warung sekolah
6)      asrama
7)      kesehatan
8)      remedial

2.6 Cara menyimpan data tentang murid
Ada beberapa cara untuk menyimpan data tersebut:
untuk data tentang identitas dan hasil belajar siswa sebaiknya tidak terppisah, karena itu merupakan satu kesatuan. Penyimpanan data itu dapat dilakukan dengan menggunakan system kartu atau dapat pula menggunakan system buku induk.[6]
a.       Apabila menggunakan system kartu sebaiknya dibuatkan sehelai kartu untuk setiap siswa
b.      Apabila menggunakan kartu induk, sebaiknya menggunakan buku ukuran folio, dengan menggunakan  muka sebelah kiri untuk setiap siswa.
2.7 Aktivitas siswa
Program aktivitas sekolah seperti: olahraga, kesenian, , kegiatan-kegiatan social dan sebagainya. Kegiatan ini merupakan kegiataan kurikuler yaitu untuk menjamin adaptasi murid sekolah yang dapat menunjang proses belajar dan perkembangan murid secara lebih efektif.[7]
a)      Intra kelas
Murid dalam satu kegiatan dapat diorganisir sedemikian sehingga merupakan suatu gaverment terdiri dari: ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi
b)      Intra sekolah
Pengembangan organisasi murid yang efektif di sekolah naik terhadap pendidikan dasar maupun menengah harus dapat menjamin partisipasi murid dalam program sekolah yang bersangkutan, program pendidikan, program pengabdian masyarakat.
Tujuan dari intra sekolah yaitu:
-          Membina generasi muda umumnya
-          Membina personal dan social murid khususnya.
c)      Ekstra sekolah
Yaitu kegiatan untuk membantu memperlancar perkembangan individu murid sebagai manusia seutuhnya.beberapa kegiatan yang dapat dilakukan murid sekolah antara lain: pertemuan antar siswa, olahraga, organisasi social dan lain-lain.








BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Administrasi siswa adalah seluruh proses kegiatan yang di rencanakan dan di usahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu terhadap seluruh peserta didik (dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan) agar dapat mengikuti proses belajar mengajar (PBM) secara efektif dan efisien, demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Secara kronologis operasional, rentangan kegiatannya  mulai dari penerimaan peserta didik baru sampai mereka meninggalkan sekolahnya (eksit), karena telah tamat, meninngal dunia, putus sekolah atau karena sebab-sebab lain sehingga ia terdaftar lagi sebagai peserta didik sekolah tersebut.
Tujuan administrasi kesiswaan
·      untuk  mengetahui data siswa
·       mengetahui potensi siswa
·      mengetahui, membina dan mengembangkan kemampuan siswa.
3.2 Saran
Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca terutama mahasiswa, agar dapat menambah ilmu yang dimilikinya.kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan untuk perbaikan makalah yang selanjutnya.


DAFTAR PUSTAKA

Administrasi Pendidikan. 1998. Bandung. CV. Pustaka Setia.
Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta;PT RINEKA CIPTA,2005




[2] Daryanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta;PT RINEKA CIPTA,2005) hal.62
[3] Ibid,hal.63
[5] Loc.cit
[6] Opcit,hal.68
[7] Ibid, hal.68



Tidak ada komentar:

Posting Komentar